Beranda Hukum & Kriminalitas 25 Orang Diamankan KPK Saat OTT Bupati Meranti

25 Orang Diamankan KPK Saat OTT Bupati Meranti

Jakarta, Indikasi.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut 25 orang turut diamankan saat operasi tangkap tangan (OTT) Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil.

Di antara puluhan orang yang turut diamankan, dipastikan bahwa sejumlah pejabat strategis di lingkungan Pemkab Kepulaua Meranti dan pihak swasta juga terlibat dalam kasus ini.

“Sejauh ini tim KPK mengamankan 25 orang,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri melalui keterangan resmi, Jumat (7/4).

“Dari Bupati, Sekda, kepala dinas dan badan, kepala bidang, dan pejabat lainnya di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti serta ajudan Bupati dan pihak swasta,” imbuhnya.

“Tim KPK masih terus dalami dengan melakukan permintaan keterangan terhadap para terperiksa,” sambung Ali.

Pernyataan Ali sekaligus membenarkan pernyataan sebelumnya bahwa puluhan orang pejabat strategis dan pihak swasta turut terlibat dalam OTT Bupati Meranti.

Dalam pernyataan terpisah, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menyebut Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil diduga terlibat dalam penerimaan suap terkait pengadaan jasa umrah.

“Suap pengadaan jasa umrah. Itu yang terlihat di awal. Selanjutnya kami kembangkan,” ujar Nurul Ghufron melalui pesan singkat, Jumat (7/4).

Menurut pemaparan Ghufron, skema dugaan penerimaan suap yang dilakukan oleh Adil adalah memangkas Uang Persediaan dan Ganti Uang Persediaan sebesar lima hingga sepuluh persen.

“Pemotongan Uang Persediaan dan Ganti Uang Persediaan (UP dan GUP). Dipotong 5 – 10 persen,” jelas Ghufron.

Sore hari ini, Jumat (7/4) seluruh pihak yang terjaring direncanakan akan hadir ke Gedung Merah Putih KPK untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Sore baru tiba di Jakarta. Estimasi antara jam 16.00 atau 17.00 WIB,” kata Ali Fikri. (Ind)

.
Artikulli paraprakEmpat Jasad Berhasil Di Identifikasi Tim Polda Jawa Tengah Korban Pembunuhan Dukun Palsu
Artikulli tjetërHarta Kekayaan Ketua KPK Mencapai Rp. 22, 8 Miliar