Beranda Hukum & Kriminalitas Si Kembar Penipu iPhone Rihana-Rihani: Berpindah-pindah Apartemen demi Hapus Jejak

Si Kembar Penipu iPhone Rihana-Rihani: Berpindah-pindah Apartemen demi Hapus Jejak

Si Kembar Penipu iPhone Rihana-Rihani: Berpindah-pindah Apartemen demi Hapus Jejak

JAKARTA,Indikasi.id – Pelarian penipu atau Rihana-Rihani dengan modus open preorder iPhone berakhir. Keduanya telah ditangkap tim Resmob Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya.

Keberadaannya sempat disebut-sebut di Bali, namun Rihana-Rihani ditangkap di Apartemen M Town Gading Serpong, Tangerang Selatan, pada Selasa (4/7/2023). Dalam potongan video Polda Metro Jaya yang diterima Kompas.com, Rihani yang menggunakan kemeja putih hanya tertawa saat membaca berita bahwa mereka ada di Bali. “Saya ketawa saja, siapa yang bilang saya di Bali,” ungkap Rihani dalam videonya saat diinterogasi polisi, Selasa. Baca juga: Pengakuan Si Kembar Rihana-Rihani Jalani Hidup Selama Jadi Buronan Polisi: Seperti Biasa, Belanja di Supermarket Berpindah-pindah apartemen Si kembar Rihana dan Rihani, sudah tahu bahwa mereka sedang diburu polisi. Karena itu, mereka berdua terus bersembunyi, bahkan beberapa kali pindah apartemen. “Mereka ini sering berpindah-pindah dari apartemen satu ke apartemen lainnya,” ujar Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum (Wadirkrimum) Polda Metro Jaya AKBP Imam Yulisdiyanto. Imam mengatakan saat ditangkap di Apartemen M Town Gading Serpong, Tangerang Selatan, Rihana-Rihani sedang beristirahat. Polisi saat ini masih mendalami alasan Rihana-Rihani tidak menyerahkan diri, meski sudah diultimatum. Untuk menggali keterangan lebih lanjut, Imam mengatakan keolisian akan memeriksa Rihana-Rihani dalam 1×24 jam.

 Baca juga: Momen Penangkapan Si Kembar Rihana-Rihani di Apartemen Wilayah Serpong, lalu Digiring ke Polda Metro Jaya Masuk DPO Keberadaan Rihana-Rihani mendadak menjadi misteri setelah kasusnya mencuat ke publik. Padahal, banyak pihak telah bahu-membahu memburu mereka. Polda Metro Jaya memasukkan nama si kembar Rihana dan Rihani ke dalam daftar pencarian orang (DPO). Keduanya telah ditetapkan sebagai tersangka penipuan preorder iPhone. Rihana-Rihani diketahui menjadi DPO sejak 13 Juni lalu. Keduanya lihai bersembunyi dari pihak kepolisian. “Sudah (DPO), si Rihana-Rihani udah ditetapkan (dalam DPO),” ujar Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Indrawienny Panjiyoga, Selasa (13/6/2023). Panjiyoga berujar, Polda Metro Jaya juga berkoordinasi dengan Imigrasi untuk mencari tahu keberadaan si kembar. Hasilnya, Rihana dan Rihani tidak terindikasi kabur ke luar negeri. Baca juga: Akhir Pelarian Si Kembar Penipu iPhone Rihana-Rihani: Sempat Diduga di Bali, Ditangkap di Serpong Keberadaan si kembar terendus Keberadaan Rihana-Rihani disebut sudah terendus oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro sejak Juni lalu.

Kabid Humas Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya, Komisaris Besar (Kombes) Trunoyudo Wisnu Andiko, saat itu belum mau membocorkan soal lokasi keberadaan si kembar kepada publik. “Tentu di manapun keberadaannya, penyidik yang tahu dan kami harap nanti penyidik bisa menyampaikan pada saat kesempatan press conference,” ungkap Trunoyudo, dikutip dari YouTube Kompas TV, Selasa (20/6/2023). Trunoyudo mengatakan, penyidik harus menganalisa dan melakukan gelar perkara terhadap kasus penipuan yang dilakukan si kembar. Baca juga: Mutasi Rekening Si Kembar Capai Rp 86 Miliar, IPW Prediksi Jumlah Korban Lebih Banyak Selain itu, penyidik juga telah menyatukan laporan-laporan polisi mengenai pengaduan korban penipuan si kembar di sejumlah daerah. “Setelah dilakukan analisa, analisa, evaluasi, gelar perkara tentunya, kemudian ini lebih efisien dalam penanganannya. Dan tentunya langkah ini sudah dilakukan,” jelas Trunoyudo. Dilaporkan sejak tahun lalu Keberadaan si kembar Rihana dan Rihani usai menipu belasan orang dengan modus preorder iPhone hingga Rp 35 miliar sempat jadi misteri. Dugaan penipuan ini sebetulnya telah dilaporkan ke aparat kepolisian sejak Juni 2022 hingga Oktober 2022. Para korban melapor di berbagai tempat, mulai dari Kepolisian Resor (Polres) Tangerang Selatan, Polres Metro Jakarta Selatan, hingga Polda Metro Jaya. Baca juga: Mutasi 21 Rekening Si Kembar Penipu iPhone Capai Rp 86 Miliar, PPATK: Sudah Diblokir Catatan kejahatan si Kembar ternyata tak sampai di situ. Rihana dan Rihani diketahui turut terlibat kasus penggelapan mobil rental. Kapolsek Metro Kebayoran Baru Kompol Tribuana Roseno mengungkapkan, si Kembar telah membawa kabur mobil Toyota Sienta dengan pelat nomor B 2352 SYS selama enam bulan terakhir. “Rihana merental mobil Toyota Sienta sejak Februari 2018 kepada IR. Namun, mulai Desember 2022 pembayarannya tersendat atau gagal bayar,” ungkap dia, Kamis (8/6/2023).

.